Jumat, 18 April 2014

Objek Wisata Arboretum Nyaru Menteng

arboretum palangkaraya 

Arboretum Nyaru Menteng terletak di sebelah Timur Jalan Tjilik Riwut Km 28 dari Kota Palangka Raya menuju Kota Sampit satu arah menuju Tangkiling dan Fantasi beach. Dibangun pada tahun 1988 merupakan eks areal HPH yang telah dieksploitasi pada tahun 1974 dengan luas 65,2 Ha yang merupakan kawasan pelestarian plasma nuftah ekosistem hutan rawa, termasuk ke type hutan tropika dataran rendah, dengan kondisi tanah berawa dan bergambut.

Jenis tanah terdiri dari alluvial, organosol, pasir kuarsa dengan drainase tergenang. Melainkan sebuah hutan yang berisikan berbagai jenis pohon, sering dijadikan obyek penelitian dan menjadi tempat berkumpulnya berbagai jenis burung dan satwa lainnya.

Kawasan Nyaru Menteng ini, oleh Gubernur Propinsi Kalimantan Tengah telah diusulkan kepada Menteri Kehutanan untuk dijadikan Taman Hutan Raya (Tahura) Seluas 150 Ha. Lokasi Arboretum tidak digunakan untuk umum artinya walaupun tidak semua orang bisa masuk ke dalam areal Klinik Orang Utan ini, namun untuk pengunjung disediakan tempat khusus (Pusat Informasi Orang Utan) untuk melihat Orang Utan yang relatif sudah sehat. Adapun sarana prasarana yang tersedia di lokasi ini adalah jalan trail, pendopo, shelter, Wisma Cinta Alam dan WC umum.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar