Jumat, 18 April 2014

Objek Wisata Jembatan Kahayan

Jembatan Kahayan 

Jembatan Kahayan terletak di Jalan S. Parman Desa Palangka, Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya, Propinsi Kalimantan Tengah dengan panjang 460 meter, lebar 9 meter. Jembatan ini terletak melintang tepat diatas jalur jalan S. Parman. Jembatan ini digunakan untuk menuju kum-kum dan Kampung lauk. Selain sebagai asset, Jembatan Kahayan juga sebagai salah satu Landmark Kota Palangka Raya saat ini. Kehadirannya membawa angin segar dan menambah daya tarik tersendiri bagi warga Kota Cantik Palangka Raya.

Salah satu kaki jembatan ini berada diatas jalur jalan S. Parman, kemudian membentang dan berdiri kokoh di atas sungai Kahayan, menggunakan material bangunan dengan konstruksi rangka baja serta lantai bawah beton bentang datar sepanjang 150 meter dan  melengkung pada bentang tengah jembatan.

Apabila kita berada diatas jembatan ini sejauh mata memandang kita dapat menyaksikan panorama yang indah dari arus sungai Kahayan, kapal motor, speedboat, kelotok, aktivitas orang-orang naik perahu, para nelayan sedang menjala ikan dan lain-lain. Kita juga dapat menyaksikan keindahan gedung-gedung, rumah-rumah penduduk di sepanjang pinggir alur Sungai Kahayan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar